BMW Group Indonesia kini telah resmi meluncurkan mobil listrik yang memiliki kesan mewah, MINI Electric. Mobil elektrik ini resmi dihadirkan untuk pasar Indonesia.

Mobil dari Inggris yang ramah lingkungan ini hadir dengan membawa dua pilihan. Diantaranya MINI Electric serta type MINI Electric Collection.

Mobil ramah lingkungan ini memang hadir dengan model yang ikonik. Bahkan, mobil ini juga mempertahankan nilai sejarah dari Inggris.

Walaupun mempertahankan nilai sejarah, namun mobil nol emisi ini hadir dengan sentuhan masa depan.

Tak hanya hadir dengan desain yang khas saja, kualitas dan performa mobil ini juga cukup bagus dan bisa diandalkan.

Review MINI Electric

MINI Electric ini mempunyai desain yang mirip dengan mini 3 door lainnya. Akan tetapi, mobil elektrik ini memiliki beberapa elemen khusus yang tidak dimiliki mobil listrik lainnya.

Bagian depan mobil ini sangat terlihat ekspresif dan khas. Sebab, terdapat lampu depan Mini berbentuk bulat yang dihadirkan dengan didukung teknologi LED.

Lalu, untuk bagian bumper depan juga hadir dengan grille baru. Sehingga mobil ini terkesan lebih modern.

Selain itu, dilengkapi juga dengan strip bumper tengah yang digunakan untuk dudukan plat nomor. Sedangkan, untuk bagian kaki-kaki dilengkapi dengan velg ringan 17 inci Mini Electric Collection Spoke.

Sedangkan untuk bagian interior, mobil listrik dari Mini ini juga mengalami banyak pembaruan dan peningkatan. Baik itu dari segi teknologi atau fitur yang tersedia di dalamnya.

Mobil elektrik ini juga hadir dengan desain setir baru yang sudah lengkap dengan tombol multifungsi berwarna piano Black yang terintegrasi.

Selanjutnya, desain panel yang berwarna hitam dan instrument cluster juga sudah diterapkan di MINI Electric pada layar 8,8 inci.

Mobil listrik ini juga memiliki Multitone Roof yang unik, sebab didukung dengan bantuan teknik pengecatan baru. Dengan begitu, bisa tercipta gradasi yang menarik.

Selanjutnya, mobil elektrik ini juga hadir dengan membawa berbagai macam fitur canggih untuk mendukung performa mobil ini.

Segmen Pasar MINI Electric

Mobil listrik dengan tampilan mewah yang bernama MINI Electric ini hadir untuk menyasar segmen pasar premium atau kelas menengah ke atas. Pada segmen ini diharapkan mampu menghasilkan daya beli yang tinggi untuk produk mobil elektrik ini.

Hadirnya mobil mini listrik ini diharapkan juga bisa membuka segmen baru mobil listrik di Indonesia ini. Tak hanya itu saja, hadirnya mobil ini juga dinilai sangat membantu masyarakat Indonesia dalam hal transportasi yang simpel dan praktis.

Jenis mobil listrik ini juga sangat memudahkan dan mendukung untuk mobilitas perkotaan yang cukup tinggi.

Kelebihan dan Kekurangan MINI Electric

Mobil ini merupakan jenis mobil listrik yang mempunyai sejarah cukup panjang di dunia otomotif. Pada saat Anda membeli mobil listrik mungil dan mewah ini, maka juga akan mendapatkan beberapa bonus menarik.

Diantaranya berupa peralatan charger atau wallbox charging. Dengan begitu, Anda bisa lebih mudah dalam mengisi baterai mobil di rumah.

Tak hanya itu saja, demi kenyamanan para pengguna, mobil ini juga memberikan garansi baterai sampai dengan 8 tahun atau 100 ribu km.

Sehingga, apabila terjadi kerusakan pada baterai mobil listrik ini, pengguna bisa melakukan klaim. Dengan begitu, pengguna mobil ini tidak perlu membeli baterai yang baru lagi. Terlebih, harga baterai mobil listrik dengan desain mewah ini terbilang sangat mahal.

Maka dari itu, dengan adanya garansi, para konsumen bisa lebih nyaman dan tidak perlu khawatir harus membeli baterai mobil saat memiliki Mini Electric yang mewah ini.

Tidak berbeda jauh dengan mobil listrik lainnya. Kekurangan mobil listrik ini yaitu untuk masalah pengecasan baterai. Meski bisa melakukan pengisian di rumah, namun SPKLU atau Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum belum banyak tersedia.

Selain itu, waktu pengisian baterai mobil electric ini juga cukup lama, yaitu dari kosong sampai baterai penuh bisa mencapai 5 sampai dengan 6 jam. Harga baterainya pun juga terbilang cukup mahal.

Varian MINI Electric

Untuk varian mobil MINI Electrik ini ada 2 macam, yaitu MINI Electric dan MINI Electric Collection.

Jika Anda ingin memiliki mobil listrik dari Mini yang memiliki desain dan fitur yang lebih keren dan eksklusif, MINI Electric Collection adalah solusi terbaik untuk pilihan Anda.

Mengapa varian MINI Electric Collection dinilai lebih eksklusif? Hal ini disebabkan karena MINI Electric Collection ini memperoleh Multitone Roof dan juga cat eksterior Island Blue Metallic.

Tak hanya itu saja, varian mobil listrik yang satu ini juga hadir dengan dukungan velg 17 inci MINI Electric Collection Spoke. Kemudian, bagian interiornya juga hadir dengan finishing Aluminium MINI Yours.

Untuk harga varian MINI Electric serta MINI Electric Collection, masing-masingnya dibanderol dengan harga  Rp 945.000.000 dan Rp 955.000.000 (off the road).

Jika dibandingkan dengan varian standar mobil listrik dai Mini, varian Collection mempunyai harga yang lebih mahal sebesar Rp 10 juta.

Salah satu alasan mengapa varian Collection ini memiliki harga yang lebih mahal yaitu karena varian Collection memperoleh berbagai macam fitur unik yang tidak dimiliki oleh Mobil Listrik Mini biasa.

Pesaing MINI Electric

Jika dilihat dari harga jualnya, Hadirnya Mobil listrik pertama dari Mini, kabarnya akan menjadi pesaing dari mobil Hyundai Ioniq 5 di Indonesia.

Mobil listrik dari Mini membawa tenaga motor listrik sebesar 184 PS dengan torsi 270Nm. Kemudian, untuk kapasitas baterainya yaitu 32,6 kW. Dengan kapasitas ini, mobil ini mampu menjangkau sekitar 232 km dalam sekali pengisian daya penuh.

Kemudian, untuk pesaingnya Hyundai Ioniq 5 ditenagai dengan baterai 58 kW yang berkolaborasi dengan baterai bertenaga 170 PS /350 Nm untuk varian Standard Range.

Akan tetapi, MINI Elektrik dinilai lebih tangguh dan nyaman saat digunakan. Desainnya pun juga tak kalah mewah.

Perbandingan MINI Electric dengan versi lainnya

Jika dilihat dari segi desainnya, sebenarnya mobil elektrik ini masih mirip dengan tipe mobil-mobil Mini yang lainnya.

Akan tetapi, terdapat beberapa bagian yang lebih berkesan futuristis jika dibandingkan jenis mobil listrik lainnya. Mulai dari bagian bumper, grille, serta pada desain velg nya.

Konsumsi BBM MINI Electric

Untuk pengisian bahan bakar atau baterai menggunakan charger Wallbox AC fase 3 dengan daya 11 kW. Jika daya mampu 80 persen bisa terisi dalam waktu 2,5 jam.

Sedangkan jika memakai travel charger, untuk pengisian daya pengisian 2,3 kW memerlukan waktu sekitar 12 jam agar bisa terisi hingga 80 persen.

Lalu, jika memakai charger DC dengan daya 50 kW pengisian daya bisa menjadi lebih cepat, yakni hanya 1 jam 24 menit saja. Apabila memakai fast charging, maka waktu yang diperlukan lebih sedikit yaitu 36 menit.

Apabila daya baterai terisi penuh, maka mobil ini bisa digunakan untuk menempuh perjalanan 232 km (WLTP) dan kecepatan mencapai 150 km per jam. 

Performa Mesin Mini Electric

Semua varian mobil listrik dari Mini telah dilengkapi dengan motor listrik berkode IB1P25B. Selain itu, juga dilengkapi dengan baterai Baterai lithium-ion dengan daya 93,2 Ah dan 350,4 V yang terdapat di bagian lantai mobil.

Power yang dihasilkan dengan mesin MINI Electric tersebut yaitu mencapai 135 kW atau 184 Tk pada 7.000 rpm. Kemudian untuk torsi maksimumnya sebesar 270 Nm.

MINI Electric (Regular Color)


STARTING AT

Rp 1.050.000.000

Body Color :

White Silver

QUICK ACTIONS